Selasa, 22 Oktober 2013

ANDERIAS FANGGI ELLO. SH. Infrastruktur Adalah Elemen Penting Dalam Pembangunan Masyarakat




Foto Anderias Ello“ Persoalan kemiskinan yang melilit masyarakat kita, salah satu penyebabnya adalah kurangnya infrastruktur. Sektor-sektor andalan seperti pertanian dan pertambangan serta pariwisata tak mampu digerakkan secara baik karena sarana jalan yang rusak, kurangnya penerangan jalan, tidak adanya jaringan air pertanian yang memadai, sehingga sektor-sektor ini belumlah maksimal didorong sebagai basis pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal kita “. Hal ini diungkapkan oleh Tokoh Masyarakat Kuanino, Anderias Fanggi Ello,SH,kepada wartawan Exodus Pos, pada beberapa waktu lalu ketika ditemui dikediamannya.

Menurutnya, persoalan kemiskinan yang selama ini menggorogoti masyarakat kita dibidang pendidikan, kesehatan, dan yang lainnya, disebabkan karena masalah buruknya pendapatan ekonomi keluarga. Jika pendapatan ekonomi keluarga membaik maka segala permasalahan itu bisa teratasi secara perlahan.

Katanya, untuk bisa memperoleh pendapatan ekonomi yang layak, maka sector-sektor andalan yang dimiliki masyarakat kita harus didorong oleh pemerintah kita. Untuk bisa mendorong sektor-sektor andalan yang dimiliki masyarakat, perlu sarana –sarana yang memadai, seperti jalan raya yang baik yang bisa menghubungkan antara desa dan pusat kota, sarana penerangan yang cukup agar masyarakat merasa nyaman melakukan aksi usaha mereka baik pada waktu siang dan malam hari.

Menurutnya, ada lahan-lahan pertanian masyarakat kita yang terpencil, ada tambang batu mangan kita yang berada di pinggiran desa terpencil. Kuranya sarana jaringan  Air untuk mengelolah lahan pertania . Tempat-tempat tersebut belum memiliki sarana jalan raya yang baik serta penerangan yang memadai, sehingga para petani belum bisa bekerja maksimal. Inilah yang menjadi kendala mengapa sektor-sektor ini tak pernah menjajinjakan hasil yang baik bagi peningkatan ekonomi masyarakat kita.
Kata Anderias, Pembangunan infrastruktur berpengaruh besar terhadap pertumbuhan ekonomi--secara makro dan mikro. Jika Infrastruktur baik maka akan berdampak pada terbukanya lapangan kerja dalam memfasilitasi pertumbuhan sektor industri dan UKM.
Infrastruktur adalah motor penggerak yang mendinamisasi proses-proses pembangunan di segala bidang,” Tandasnya.
Andre menambahkan, keberadaan infrastruktur yang memadai seperti jalan raya yang baik, jaringan air bersih yang cukup, dan penerangan listrik yang merata serta sarana transportasi yang memadai, akan  membantu kelancaran distribusi barang dan jasa antar lokasi dan wilayah, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kemakmuran masyarakat dan mengurangi angka kemiskinan yang dialami masyarakat kita.
Dikatakan lagi, dengan tersedianya jaringan air bersih dan jaringan air untuk pertanian, sarana jalan raya yang memadai serta penerangan listrik yang cukup, akan memacu masyarakat kita untuk berusaha secara maksimal dan nyaman, lalu pada akhirnya, masyarakat kita pun akan memperoleh pendapatan ekonomi keluarga yang layak.
Andre menambahkan lagi, Infrastruktur sangat berpengaruh untuk  peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan manusia, antara lain, dalam peningkatan nilai konsumsi, peningkatan produktivitas tenaga kerja dan akses kepada lapangan kerja, serta peningkatan kemakmuran nyata. “ Infrastruktur adalah elemen paling penting dalam pembangunan masyarakat, jika ingin masyarakat kita bisa terlepas dari belenggu kemiskinan maka  pemerintah harus memperhatikan sungguh-sungguh masalah infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat ”. ucap Anderias FDanggi Ello, mengakhiri komentarnya. ( Expos.003)
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar