Minggu, 15 September 2013

PIETER K.R. HEREWILA JADI ANGGOTA DPR KARENA KOMIT DALAM SEGALA TINDAKAN



pieter foto“ Jika kita tidak komitmen dalam melakukan sesuatu, maka kita akan di beri cap plin-plan oleh masyarakat, kalau sudah begini maka rakyat tidak percaya lagi pada kita. Jadi apa yang telah kita katakan, itulah yang harus kita lakukan, apa yang telah kita janjikan, itulah harus kita tepati. Komitmen pada janji merupakan suatu bentuk harga diri kita ”. Hal ini diungkapkan oleh Pieter K.R. Herewila, salah satu anggota DPRD Kota Kupang, ketika ditemui Exodus Pos di kantor DPRD Kota Kupang, beberapa waktu lalu. Berikut isi wawancara dengannya :

Sebagai seorang politikus muda, bagaimana pendapat anda mengenai keinginan masyarakat dewasa ini dalam hal memilih Caleg pada Pileg 2014 nanti ?

Menurut saya, masyarakat akan memilih para caleg yang benar-benar punya kualitas pribadi yang matang,  mereka yang dikenal punya reputasi baik hidup bersama ditengah masyarakat kita selama ini, mereka yang selama ini telah berbuat sesuatu untuk membantu masyarakatnya,  nah, mereka-mereka inilah yang mendapat tempat utama dihati masyarakat kita pada pemilu legislatif  tahun 2014 nanti.

Ditengah rasa kepercayaan yang rendah oleh masyarakat terhadap partai politik selama ini, apakah sangat mempengaruhi masyarakat kita dalam hal memilih para caleg pada pileg 2014 nanti ?

Memang sedikit berpengaruh tapi tidak seberapa, sebab apapun masalahnya, partai politik tetap menjadi tempat dimana harus menghadirkan para pemimpin kita, baik sebagai DPR maupun sebagai bupati atau Gubernur, oleh sebab itu, untuk pencitraan partai politik maka dalam mengusung para caleg, partai politik harus mampu memilih orang-orang yang terbaik, orang-orang yang benar-benar matang pribadinya, orang-orang yang memiliki kualitas di atas rata-rata, orang-orang yang miliki kapabilitas dan kapasitas yang handal, sehingga bisa menjadi panutan bagi masyarakat kita, Jika hal ini dilakukan dengan benar oleh partai politik kita, maka penilaian miring masyarakat terhadap partai politik akan berangsur membaik. Figur Caleg atau figur pemimpin yang punya etika dan moral politik yang baik akan mampu mengembalikan rasa percaya masyarakat terhadap partai politik kita.

Sebagai anggota DPRD Kota Kupang, apakah anda tahu persoalan yang sedang diderita masyarakat kita dewasa ini ?

Saya tahu, saya memahaminya, bahwa kenaikan BBM telah membawa dampak kemiskinan baru bagi masyarakat kita. Kenaikan sembako telah membuat semua lapisan masyarakat arus bawah atau masyarakat kecil mengalami tekanan ekonomi, kehidupan mereka semakin tidak karuan. Pendidikan anak terbengkalai, kesehatan masyarakat pun demikian, semua itu terjadi karena kebijakan yang dilakukan secara nasional yakni karena kenaikan harga BBM , maka kita didaerah lah yang memperoleh dampaknya. Walau pemerintah telah memberikan spekulasi bantuan sementara tapi rasanya tidak bisa menyelamatkan kesulitan masyarakat dalam dalam jangka yang panjang, perlu cara khusus untuk mengatasi hal ini oleh pemerintah kita kota Kupang, sehingga harus adanya program-program penguatan ekonomi masyarakat seperti yang sedang dilakukan oleh pemerintah kita kota Kupang lewat bantuan dana tiap kelurahan sebesar 500 juta itu. Nah jika dana bantuan tersebut dikelolah secara benar oleh masyarakat maka saya yakin persoalan rakyat kita perlahan akan teratasi.

Motivasi apa hingga anda ingin menjadi caleg lagi pada pileg 2014 ?

Sederhada saja bahwa masih banyak pekerjaan membantu rakyat yang harus saya perjuangkan lagi, masih banyak persoalan yang belum terselesaikan oleh pemerintah kita selama ini, sehingga terkesan masyarakat menganggap semua ini adalah kegagalan anggota dewan yang telah dipilihnya, oleh karena itu perlu ada satu kesempatan lagi bagi saya untuk memperjuangkan persoalan rakyat lewat lembaga dewan, agar apa yang belum dilakukan pemerintah, akan diperjuangkan secara terus menerus demi mendapat pelayanan yang semestinya. Berbekal pengalaman selama lima tahun menjadi DPRD, saya akan perjuangkan apa yang semestinya harus dilakukan oleh pemerintah kita untuk bisa mengatasi berbagai persoalan masyarakat kita.

Apa anda yakin akan dipilih rakyat ?

Kenapa tidak, kenapa saya mesti ragu, masyarakat kita tentu tahu kiprah saya selama lima tahun menjadi anggota DPRD, masyarakat tentu telah melihat perbuatan dan tindakan saya terhadap semua persoalan masyarakat selama ini. Saya selalu komit dalam tindakan nyata, saya mengatakan apa maka itulah yang saya lakukan, saya berbicara apa, itulah yang saya buat. Jadi menurut saya, rakyat sangat menghargai wakilnya yang selalu komit dengan apa yang dibicarakan, dan saya telah melakukan itu sesuai kemampuan yang saya miliki selama ini, sehingga menurut saya, masyarakat konstituen saya tentu masih mendukung saya menuju kursi DPRD pada pileg 2014 nanti. Saya mau katakan  bahwa, masyarakat akan meninggalkan kita apabila kita tidak komit dengan apa yang telah kita ucapkan. Menurut saya, harga diri kita terletak pada Komitmen kita dalam segala tindakan.Terus terang saya katakan bahwa karena selalu komit dalam menjalani hidup semasa remaja hingga dewasa, maka masyarakat kota Kupang telah memilih saya menjadi wakilnya di DPRD Kota Kupang hingga saat ini.

Apa pesan anda kepada masyarakat dalam hal memilih caleg pada 2014 nanti ?

Pililah caleg yang tidak banyak obral janji yang tak mungkin bisa digenapinya, pililah caleg yang tidak berupaya meraih dukungan suara dengan uang atau barang. Pililah caleg yang benar-benar punya kematangan diri dalam hal mampu berpikir dan berbuat bagi masyarakat. Gunakan kecerdasan dalam memilih caleg sebab jika salah memilih maka rakyatlah yang akan menderita elama lima tahun kedepan. (EXPOS.01).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar