Jumat, 20 September 2013

SETIANIS TANHI TANGWAL,POLITIK UANG TIDAK MENGGANGGU CARA PILIH MASYARAKAT KITA



Abang Sety Foto    “ kalau setiap anggota DPR kita menyadari secara benar bahwa keberadaan mereka di kursi lembaga Dewan Perwakilan Rakyat adalah wakil dari rakyat dan rakyat adalah ketua mereka, maka apa yang menjadi kehendak rakyat, mestinya harus dilakukan secara benar, apa yang menjadi persoalan rakyat, harusnya menjadi persoalan wakil rakyat juga. Kalau kesadaran seperti ini selalu terbetik dihati para wakil rakyat kita , saya yakin persoalan-persoalan rakyat bisa diselesaikan dengan baik”. Hal ini di ungkapkan oleh sala satu tokoh masyarakat Oebobo, Setianis Tanhi Tangwal, ketika ditemui wartawan Exodus Pos, di kediamannya, beberapa waktu yang lalu.

    Kata Setianis yang akrab dipanggil Seti itu bahwa hal yang paling penting dalam melayani masyarakat adalah memberdayakan potensi yang ada menjadi pendapatan ekonomi keluarga yang layak. Cara ini adalah cara yang tepat untuk menguatkan ekonomi rakyat kecil. Dengan memberdayaan potensi yang ada dalam masyarakat kita untuk mendatangkan ekonomi yang layak bagi kehidupan mereka, akan dapat mengatasi secara perlahan-lahan masalah kemiskinan yang dialami masyarakat kita.

AKTIF DI KARANG TARUNA, PEMUDA GEREJA, JUGA PERNAHMENJADI RT
    Seti yang sejak remaja selalu aktif berkecimpung sebagai pemuda karang taruna di kelurahan Oebobo itu, mengatakan, sangat menegetahui persoalan-persoalan yang di alami oleh masyarakat di kelurahan Oebobo, dirinya mengetahui berbagai bentuk potensi dan keterampilan kaum muda yang belum mendapat perhatian serius oleh pemerintah kita. Selama menjabat sebagai RT di kelurahan Oebobo, dirinya melihat secara jelas bentuk persoalan masyarakatnya dan kendala utama yang menjadi penghalang upaya masyarakat dalam usaha peningkatan ekonomi keluarga mereka.

    potensi kaum muda diberbagai bidang, mestinya mendapat perhatian serius dari pemerintah kita dengan cara memberikan bantuan-bantuan usaha yang sesuai dengan keterampilannya, sehingga mereka dapat menjalan kan dan mengembangkan usaha dengan baik untuk mendatangkan pendapatan ekonomi keluarga yang layak. Dengan ekonomi yang layak, mereka mampu membiayai pendidikan dan kebutuhan kesehatan keluarganya sesuai yang diinginkan.

SEKECIL APAUN POTENSI MASYARAKAT, HARUS DI TOPANG PEMERINTAH
   Seti mencontohkan, bagi pemulung yang kerjanya setiap hari memungut sampah dan dijualkan dengan pendapatan yang kecil, kalau diberikan pendidikan dan latihan oleh pemerintah, maka mereka akan mampu mengelolah sampah-sampah itu dengan cara daur ulang untuk dijadikan barang hiasan yang berharga guna bisa dijual dengan harga yang lumayan dan menghasilkan.

    Kata Seti, Contoh yang paling menonjol adalah, kerajinan tangan yang dibuat oleh PKK Kelurahan Naikoten II, dimana mereka membuat piring makan, bokor tempat nasi dan sayuran, penutup saji, fas bungga hgiasan, yang bahan-bahan dasarnya memakai kertas Koran yang dipilihnya dari sampah. Hasil kerajinan tangan masyarakat Naikoten II itu telah berhasil dijual oleh PKK naikoten II dengan harga yang lumayan ke berbagai tempat maupun ke tingkat nasional dan mendapat penilaian yang hebat serta dengan kerajinan itu juga, telah turut membawa kelurahan itu menjadi juara ke 2 kelurahan terbaik nasional. Hal ini merupakan bukti bahwa barang sampah dapat membuat masyarakat menjadi hidup lebih baik dan bermartabat,ujar Seti dengan nada serius.

    Menurut Seti, sekecil apapun potensi yang ada dalam masyarakat kita, jika diintervensi pengembangannya oleh pemerintah lewat dukungan dana, memberikan pendidikan dan latihan menuju professional, maka dirinya yakin akan membawa dampak yang positif bagi peningkatan ekonomi rakyat kecil.

    Katanya lagi, bidang lainnya seperti Olahraga dan Kesenian, jika ditopang pengembangannya oleh pemerintah, dia yakin akan mendatangkan hasil yang baik baik pemuda-pemuda kita. Bidang pertukangan dan meubeler juga merupakan potensi yang banyak dimiliki oleh pemuda-pemuda kita di wilayah RT.37, 38,39,40, kelurahan Oebobo. Jika keterampilan para pemuda ini didukung oleh pemerintah kita secara serius, maka tentu akan dapat memberikan kontribusi ekonomi yang baik dan layak bagi kehidupan masyarakat kita tersebut.

DIRINYA MENJADI CALEG KARENA INGIN PERJUANGKAN ORANG KECIL
    Ditanya yang menjadi motivasi bagi dirinya yang kini menjadi salah satu caleg dari kecamatan Oebobo yang di usungoleh  Partai Persatuan Pembangunan, Setianis mengatakan, dirinya ingin memperjuangkan nasib orang kecil yang selama ini belum mendapat perhatian serius dari pemerintah kita. Dirinya ingin menjadi pelayannya rakyat yang sesungguhnya. Dirinya diminta oleh para tokoh masyarakat dan tokoh pemuda di empat wilayah RT tersebut untuk bisa menyalurkan aspirasi mereka yang selama ini belum diperhatikan secara tepat. Seti merasa prihatin akan persoalan-persoalan masyarakat kota Kupang yang selama ini terkesan belum mendapat perhatian oleh pemerintah kita. Dengan dasar-dasar itulah Seti mau maju menjadi caleg pada pemilu legislative pada tahun 2014 mendatang. “ Jika saya dipercaya rakyat untuk menjadi wakil mereka di lembaga DPR, saya akan melakukan apa yang menjadi harapan rakyat, saya akan selalu dan senantiasa melayani rakyat sebab saya adalah wakil mereka dan rakyat adalah ketua saya,” tandas Seti.

POLITIK UANG TIDAK MENGGANGGU CARA MEMILIH RAKYAT
 Setianis Tanhi Tangwal menambahkan, dalam era yang semakin maju ini, rakyat telah memahami benar bagaimana harus memilih wakilnya agar bisa bermanfaat bagi mereka. Oleh karena itu, jika dalam nileg 2014 nanti, ada caleg yang bermain unag untuk memperoleh dukungan suara masyarakat, maka dirinya yakin tidak akan mengganggu cara memilih rakyat kita, sebab masyarakat kita sudah sangat pintar dalam menjatuhkan pilihan pada caleg yang diharapkannya.

    Katanya, beberapa kali pemilu dan pilkada serta pilgub yang baru lalu, telah membuat masyarakat kita telah pandai dalam menilai calon-calon wakil mereka, masyarakat kita sudah tahu mana janji dan mana yang jurus belaka yang dilontarkan dari mulut para caleg dan para calon pemimpinnya, masyarakat telah mengalami sendiri akibat-akibat karena salah menjatuhkan pilihan pada calon pemimpin dan calon wakil mereka di DPR, sehingga pada pileg 2014 nanti, dirinya yakin, masyarakat kita pasti lebih cermat lagi dalam menjatuhkan pilihannya. “ Politik uang adalah pembodohan masyarakat, kualitas dan moralitas figurlah yang menjadi perhatian serius masyarakat kita kali ini,” tandas Seti mengakhiri komentarnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar